Rabu, 24 September 2014

Lumajang


Lumajang adalah kota kecil yang merupakan dataran subur karena diapit oleh keberadaan 3 gunung, yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan Gunung Lamongan.Yang memiliki slogan "atib berseri" yaitu aman, tertib, indah, bersih, sehat, dan asri.




Makanan khas Lumajang adalah pisang. Produksi pisang di Lumajang sangat banyak dan bervariasi. Seperti pisang susu, pisang raja, dan pisang ambon. Namun yang menjadi khas Lumajang adalah pisang agung dan pisang mas kirana. Kabarnya sih, pisang mas kirana ini sudah sampai kalangan internasional. Sedangkan pisang agung khas Lumajang adalah pisang yang paling jumbo. Pisang-pisang khas Lumajang ini bisa dijumpai di Senduro, Pasrujambe, dan sekitarnya. Oleh karena itu, Lumajang dikenal dengan sebutan Kota Pisang.


Pisang Agung



Keripik Pisang

Membeli oleh-oleh khas Lumajang tidak hanya buah pisang, ada berbagai macam olahan buah pisang yang nggak kalah enaknya. Beberapa contoh hasil olahan buah pisang adalah keripik pisang dan sale pisang. Namun yang paling khas adalah keripik pisang. Ada keripik pisang yang manis dan ada yang asin. Semua terjamin rasanya.  Jadi, nggak perlu bingung lagi ya membeli oleh-oleh khas saat berkunjung ke Lumajang :)
 

Lumajang nggak kalah saingan lho sama Jawa Tengah yang terkenal dengan batiknya, karena Lumajang juga memiliki batik khas Lumajang yang beberapa tahun lalu mulai dikenalkan oleh pemerintah Lumajang. Ciri khas batik Lumajang tidak jauh dari sebutan “Lumajang adalah Kota Pisang”, yaitu motif batik yang memasukkan unsur-unsur pisang di dalamnya. Baik buah, daun, maupun ontong, ada di dalam motif batik khas Lumajang. Tidak hanya motif bagian-bagian dari pisang, namun ada juga motif batik khas Lumajang yang lain, yaitu motif gunung semeru. Karena Lumajang juga identik dengan gunung semeru.




Untuk mempopulerkan batik khas Lumajang, pemerintah Lumajang mewajibkan berbagai instansi memiliki batik khas Lumajang. Seperti SMA saya sendiri misalnya, dimulai tahun kemarin diwajibkan bagi siswa-siswa baru untuk membeli batik khas Lumajang yang sudah disediakan oleh sekolah dan digunakan setiap hari Sabtu. Jadi bisa dibilang seragam untuk hari Sabtu.  Begitu pula dengan PNS di Pemkab Lumajang yang diwajibkan mengenakan batik khas Lumajang di hari tertentu. Selain itu, saat menjelang hari jadi Lumajang, biasanya diadakan beberapa even yang memamerkan batik khas Lumajang, seperti acara Batik Lumajang on Street (BALOS). Dalam acara ini akan ada beberapa model yang berlenggak-lenggok dengan menggunakan batik Lumajang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa ikut berpartisipasi dalam acara ini. Menyenangkan bukan? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar