Rabu, 24 September 2014

Farmasi



Hampir sebulan yang lalu, tepat pada tanggal 28 Agustus 2014 aku diterima di Universitas Muhammadiyah Malang program studi S1 Farmasi. Begitu bahagianya aku bisa membawa kabar gembira untuk orangtuaku, tapi aku ingat bahwa masih ada satu tahap lagi yang harus aku tempuh, yaitu tes kesehatan. Esoknya, aku menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit UMM dan alhamdulillah aku lolos. Sehingga aku resmi menjadi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Fakultas Ilmu Kesehatan, program studi S1 Farmasi. Sangat bahagia aku bisa diterima di Farmasi. Jurusan yang aku impikan sejak 2 tahun yang lalu :)




Farmasi UMM telah terakreditasi B dan program studi ini menggandeng Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Farmasi UMM termasuk jurusan yang relatif muda. Beberapa hari yang lalu Farmasi UMM merayakan hari jadinya yang ke-8. 



Pada program studi ini menggunakan sistem SKS yaitu Satuan Kredit Semester. Beban studi yang harus ditempuh mahasiswa Farmasi adalah 150 SKS dalam 8 semester. Di usia yang relatif muda, Farmasi UMM telah menghasilkan lulusan Sarjana Farmasi yang berkualitas setiap tahunnya.


Keunggulan Farmasi adalah prospek kerja yang cukup luas. Setelah menempuh profesi, Sarjana Farmasi mendapat gelar Apoteker. Setelah kita menjadi apoteker, kita bisa membuka apotek sendiri tanpa terpengaruh dengan pihak lain. Seorang apoteker tidak hanya  bekerja di Apotek dan Rumah Sakit. Apoteker bisa juga bekerja di Industri Obat, Balai Pengawasan Obat dan Makanan, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, dan sebagainya. 




Nanti saat menempuh Sarjana Farmasi, kita akan diberikan pilihan untuk memilih Farmasi Klinik, Farmasi Industri, atau Farmasi Komunitas. Farmasi Klinik bergelut di bidang kesehatan, nanti saat lulus akan bekerja di Apotek atau Rumah Sakit. Sedangkan Farmasi Industri nanti akan bekerja di Industri-industri Obat. Namun di Universitas Muhammadiyah Malang ini, mahasiswa farmasi diberikan seluruh materi tersebut. Sehingga lulusan Farmasi UMM nanti akan menguasai di segala bidang dan bisa bekerja dimanapun yang kita mau :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar