Senin, 06 Oktober 2014

File Sharing dan Image Hosting

Materi praktikum Teknologi Informatika (TI) hari Kamis, tanggal 2 Oktober 2014 adalah file sharing dan image hosting.

File sharing merupakan penyediaan dan penerimaan file digital melalui sebuah jaringan, mengunakan model terpusat atau model peer-to-peer (P2P), file disimpan dan dilayani oleh personal computers user. Mereka yang terlibat dalam file sharing di internet merupakan penyedia file (upload) dan penerima file (download).


4shared dan google drive adalah 2 contoh aplikasi file sharing. Untuk saat ini saya akan menjelaskan sedikit tentang 4shared.

4shared adalah suatu website yang digunakan khusus untuk mendownload suatu file 4shared juga dapat bertukar file/dokumen, software, musik, antivirus, dan lain-lain. Dengan cara menyimpankan sebuah file ke dalam website tersebut.

Apabila anda sudah memiliki akun 4shared bisa langsung mengetikkan www.4shared.com dan masuk ke akun anda dengan memasukkan alamat email dan password anda.



 Setelah anda memasuki akun 4shared, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.



Untuk mengunggah file dari komputer, silahkan klik unggah berkas dan pilih file yang anda inginkan. Misalkan saya memilih microsoft word yang saya beri nama “farmasi”


Setelah pengunduhan selesai, file akan muncul di akun anda. Seperti tampilan di bawah ini, file farmasi yang sudah saya upload telah muncul di akun saya.


Untuk berbagi file dengan teman anda, centang file yang anda inginkan. Misalkan saya hanya ingin berbagi file farmasi, maka yang saya centang hanya file farmasi. Lalu klik berbagi-pakai.


Setelah di klik berbagi-pakai, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Pilih kirim yang ada di bagian atas, kemudian masukkan alamat email tujuan yang akan diajak berbagi. Lalu, klik kirim pada bagian bawah.


Maka file anda telah terkirim ke alamat email yang ditujukan.

Dan yang selanjutnya adalah image hosting.
Image hosting merupakan hosting yang ditujukan khusus untuk menyimpan gambar secara online yang memiliki kemampuan untuk ditampilkan secara slideshow online, photo sharing, album foto online, dan kemampuan untuk menambahkan komentar pada foto.
Contoh dari image hosting adalah Imageshack.

Untuk masuk ke imageshack ketik www.imageshack.com dan pilih sign up apabila anda belum memiliki akun. Pilih log in pada pojok kanan atas apabila anda sudah memiliki akun imageshack. Ketik alamat email/username dan masukkan password anda. Dan klik “log in”.


Setelah masuk dalam akun imageshack anda, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Untuk mengunggah/mengupload foto, silahkan klik “Upload” yang terletak di bagian atas.


Pilih Browse & Upload  pada pojok kanan atas. Pilih foto yang akan anda upload.


Setelah berhasil mengupload akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Dan klik “Go to my images”.


Ini adalah tampilan All Images, berisi kumpulan foto yang telah anda upload.


Sekian sedikit tutorial tentang file sharing dan image hosting, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar